SMKN 1 Gedong Tataan Mendapatkan Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK CoE Sektor lainnya Tahun 2020

SMKN 1 Gedong Tataan Mendapatkan Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK CoE Sektor lainnya Tahun 2020
Oktober 18, 2020 No Comments Info Terbaru admin

SMKN 1 – Menjadi sesuatu yang membanggakan bagi SMK Negeri 1 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Pasalnya sekolah ini dipercaya mendapatkan program bantuan pemerintah satu-satunya di Kabupaten Pesawaran dengan mendapatkan Bantuan Pemerintah Fasilitasi Fasilitasi SMK CoE Sektor lainnya Kompetensi Keahlian yang dikembangkan adalah Kompetensi Keahlian ATPH ( Agribinis Tanaman Pangan dan Holtikultura ) Tahun 2020.

Program CoE merupakan program dari Direktorat SMK Dirjen Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang diluncurkan pada Juli 2020 lalu. Yaitu sebagai upaya menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Kejuruan. Di mana salah satu amanatnya adalah revitalisasi SMK secara komprehensif untuk menghasilkan lulusan SMK yang berdaya saing.

Tujuan :

Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK Yang Dikembangkan Menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence) Sektor Lainnya merupakan upaya menstimulasi Pemerintah Daerah Provinsi dalam:
1. Meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan kejuruan SMK sesuai dengan standar kebutuhan kompetensi keahlian dan standar IDUKA Sektor Lainnya, sehingga menjadi Pusat Keunggulan yang lebih berkualitas dan berdaya saing.
2. Terpenuhinya aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dari prasyarat teknis fasilitas pendidikan kejuruan, oleh pengguna dan pengelola SMK sesuai dengan kebutuhan IDUKA Sektor Lainnya.
3. Membangun citra baru SMK dengan menciptakan proses pembelajaran praktek kejuruan yang berkualitas sehingga dapat menjadi sekolah pengerak bagi pengembangan SMK lainnya sesuai dengan kebutuhan IDUKA Sektor Lainnya.

Sosialisasi Pengembangan Pembelajaran SMK CoE yang merupakan salah satu kegiatan Program Bantuan tersebut, dihadiri oleh Pendamping Nasional SMK CoE Drs. Hadi Prasetyo, M.T., Pengawas Pembina Drs. R. Joni Rene Rubiyanto, M.M, Kacabdin Wilayah II Drs. Sunardi, M.Pd  yang mewakili Dinas Pedidikan Provinsi Lampung, Serta dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Gedongtataan Dwi Artini, S.E., M.Pd, Kepala Kompetensi Keahlian, Dewan Guru dan Pimpinan Taman Pendidikan dan Pelatihan Hortikultura (TPPH) Lampung, Johnson Tara, B.Sc sebagai Tim IDUKA. Acara tersebut berlangsung di SMK Negeri 1 Gedongtataan, Sabtu (17/10/2020). Dikenalkan pula motto dari keunggulan ini yaitu “Hebat Kudu Manfaat”.

Kepala SMKN 1 Gedong Tataan , Dwi Artini, S.E., M.Pd Mengharapkan dengan adanya bantuan fasilitas COE diharapkan dapat mempercepat kapasitas guru dan pembelajaran siswa di SMK. dan tugas berat bagi sekolah untuk 3 bulan ke depan, terutama Kompetensi Keahlian ATPH, guru harus dapat menyusun kurikulum yang sesuai dengan kompetensi sehingga bisa dipraktikkan siswa.

“Dengan ditunjuknya SMK Negeri 1 Gedongtataan menjadi Center of Excellence , berarti kami harus siap menjadi pusat keunggulan pada Kompetensi Keahlian ATPH. Sehingga menjadi rujukan model pembelajaran di Kompetensi Keahlian tersebut, serta dapat meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan kebutuhan IDUKA melalui program link and match” katanya.

Kepercayaan sebagai pusat keunggulan ini merupakan hasil kerja keras dan tanggung jawab sekolah kepada para siswa. Sehingga dengan program ini siswa diharapkan lebih berkompeten di keahlian ATPH.

“Selain itu, siswa benar-benar memiliki karakter dan kompetensi sesuai industri,” ujar Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Gedongtataan Dwi Artini, S.E., M.Pd menambahkan.

Menindaklanjuti dan meningkatkan program tersebut dalam waktu dekat ini, SMK Negeri 1 Gedongtataan akan membangun laboratorium praktikum khusus untuk Jurusan ATPH.

Tags
About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.