Memperingati Hari Pahlawan

Memperingati Hari Pahlawan
November 11, 2021 No Comments Info Terbaru admin

Gedong Tataan, 10 November 2021

Menurut situs resmi Kemdikbud, peristiwa 10 November 1945 bermula saat tentara Inggris mendarat di Surabaya pada 25 Oktober 1945.

Tentara Inggris termasuk dalam kelompok sekutu atau Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI). Pihak Netherlands Indies Civil Administration (NICA) juga ikut membonceng dan tiba di Surabaya.

Pertempuran di kota tersebut menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia atas kolonialisme. Ini adalah peperangan pertama Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi. Perlawanan itu juga disebut sebagai yang terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional.

Ada 20 ribu rakyat Surabaya menjadi korban dan 150 ribu orang terpaksa meninggalkan kota tersebut. Dari pihak Inggris ada 1.600 prajurit tewas, hilang, dan luka-luka serta puluhan alat perang rusak maupun hancur.

Dengan banyaknya pejuang yang gugur, rakyat menjadi korban, dan semangat tak kenal menyerah membuat Kota Surabaya disebut sebagai Kota Pahlawan.

Inilah sejarahnya peristiwa 10 November dikenal sebagai Hari Pahlawan yang semangatnya dikobarkan dalam peringatan hari pahlawan dengan tema “Pahlawanku Inspirasiku” dalam bentuk penyelenggaran lomba antar kelas berupa solo song dan teater monolog. Hal ini diselenggarakan sekaligus dalam ajang pencarian bakat seni untuk siswa siswi di SMKN 1 Gedong Tataan.

Pembagian hadiah pemenag lomba diberikan setelah penyelenggaraan upacara bendera memperingati hari pahlawan tanggal 10 November 2021 oleh . Kepala SMKN 1 Gedong Tataan, ibu Dwi Artini, SE., M.Pd.@humas

About The Author

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *